Menghapus virus short cut atau virus Ramnit

Menghapus virus shortcut atau virus Rannit sebenarnya tidak perlu dilakukan andaikan kita tahu sistem kerja dari virus ini. Virus ramnit adalah virus yang membuat short cut dan menyembunyikan file, file ini cukup merepotkan bagi para penggunan komputer yang belum berpengalaman. Karena sebenarnya virus ini hanya bisa menyebar bila kita klik link file tersebut, tetapi bila ada tanda link tersebut kemudian kita scan dengan antivirus semacam smadav, avg atau avast maka virus tidak akan menyebar ke komputer kita. 

Setelah flasdisk kita scan kemudian, kita munculkan file yang disembunyikan oleh virus Ramnit atau virus short cut tersebut dengan menggunakan Command prompt. dengan cara masuk ke drive yang sesuai dengan flasdisk kita. misalkan drive G maka ketikkan g: kemudian tekan enter.

Setelah itu anda bisa ketikan perintah attrib *.* -h -t -r /d /s   tekan enter, tunggu sampai seluruh file muncul.

Seringkali kita paham dengan ini tetapi tetapi teman-teman kita, bisa saja meminta tolong untuk membersihkan virus rannit dari komputernya. Bila install ulang memang langkah teramana sehingga terbebas dari virus ini. Akan tetapi programer indonesia telah membuat anti virus yaitu virus PCMAV yang bisa di download secara gratis.

Anda bisa langsung ke situs resmin dari PCMAV yakni pcmav dot net, semoga komputer anda atau teman anda segera terbebas dari virus short cut atau virus Rannit.

0 komentar: