Gaji Guru

Rehat sejenak, dari membaca berbagai kompetensi dasar dan kompetensi inti yang ada pada dokumen 1. coba mencari-cari tentang gaji guru peraturan pemerintah mengenai penggajian guru ada sesuatu yang menggembirakan

Tertanggal 7 November 2011, tanggal yang cukup lama dalam artikel yang ditulis di facebook ini di ceritakan Kemendikbud akan menstandarisasi gaji guru honorer di sekolah swasta. Aturan tersebut rencananya tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) mengenai tenaga honorer.

Syahwal Gultom, yang menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMP dan PMP) waktu itu mengatakan Pemerintah daerah harus membuat peraturan turunan ,yang tujuannya untuk MENJAMIN GAJI GURU.

Masih menurut beliau pemerintah tidak akan membedakan antara GURU NEGERI DAN GURU SWASTA.

Beliau juga berucap "Guru itu ikut mensejahterakan bangsa. Janganlah menganggap mereka sebagai pekerja biasa. Mereka adalah profesi yang harus dihargai. Mengenai kapan rancangan PP ini disahkan kami di Kemendikbud juga masih menunggu jawabannya" SEMOGA Allah mensejahetarakanya, mensejahterakan orang tua yang telah mendidik beliau  dengan baik, dan mensejahterakan guru-gurunya yang telah mendidik beliau dengan sangat baik juga.

Tapi terlepas dari janji pemerintah tentang kesejahteraan guru yang sungguh menyenangkan dan seakan memberi ruang bernafas baru bagi guru-guru.Menurut saya pribadi pemerintah juga tidak bisa serta merta memberikan kesejahteraan bagi semua guru secara membabi buta, ke depan pastinya pemerintah akan menyeleksi guru profesional dan guru yang tidak profesional yang harus mengumpulkan berkas sebagai bukti ke profesionalanya.

Penggajian atau pemberian reward terhadap suatu profesi perlu pemikiran yang baik, manajemen yang baik, tolak ukur yang baik sehingga menghasilkan keputusan yang adil.
sebagaimana yang kita tahu BAHWA ADIL TIDAKLAH MEMBERIKAN DENGAN JUMLAH YANG SAMA PADA SEMUA ORANG tetapi memberikan sesuai dengan proporsinya.

Yang menjadi pemikiran adalah bila keprofesionalan seseorang dinilai dengan selembar kertas BUKANKAH  "kertas" bisa di beli, BILA keprofesionalan dinilai dari ujian bukankah ujian yang dibuat oleh manusia sering kali TIDAK SEMPURNA jauh dari harapan.

MEMBINGUNGKAN !!!
tapi kawan ini ada sesuatu yang menggembirakan yang datangnya dari Tuhan Kita Allah Subhanahu Wataala

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang
yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS. al-Mujadilah: 11).

  Barang siapa yang berat timbangan (kebaikan) nya, maka mereka itulah orang-orang yang dapat keberuntungan. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahanam. Dan barangsiapa yang ringan timbangannya, maka mereka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, mereka kekal di dalam neraka Jahanam.”                      (Q.S. Al-Mu’minun (23) : 102-103)


Tetapi Rasul dan orang-orang yang beriman bersama dia, mereka berjihad dengan harta dan diri mereka. Dan mereka itulah orang-orang yang memperoleh kebaikan; dan mereka itulah (pula) orang-orang yang beruntung.”  (Q.S. Al-Taubah (9) : 88)

“Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.” (Q.S At Taubah ayat 72).

apapun yang pemerintah lakukan demi kebaikan guru, mari kita doakan agar mereka mendapat kebaikan dari KEBAIKAN yang mereka usahakan dan semoga kita (para guru) juga mendapat derajat yang tinggi, keberuntungan, dan surga atas kebaikan yang kita lakukan.

bila gaji kita, terancam terkurangi karena sesuatu hal maka, ingatlah ini

silahkan berdoa dan saya mengaminkan bersama anda
aaaaamiiiiiin ya rabbal alamin.

0 komentar: