10 Latihan yang akan menguatkan tekat anda

willpowered.co menulis bahwa tekat atau keinginan seperti otot yang bisa dilatih dan bisa mengalami kelelahan. Sehingga tekat atau keinginan itu seperti otot maka kita bisa melatih agar kita bisa memiliki keinginan yang kuat.

seluruh latihan berikut menurut willpowered akan mengakibatkan pelakunya akan memiliki tekat yang kuat seperti halnya ketika kita melatih otot kita. Apa saja latihanya

1. Meditasi selama 10 menit setiap hari.
Meditasi membantu otak untuk fokus menahan diri untuk tidak terpengaruh hal-hal yang tidak kita inginkan. Latihan fokus 2-3 hari selama 10 menit akan membantu kita lebih fokus dan kita akan memiliki energi lebih untuk menanggulangi stress
2. Menjaga posisi agar tidak membungkuk.
Posisi tubuh yang membungkuk mengakibatkan tekat kita melemah.latihan untuk menegakkan punggung setiap kali membungkuk membantu kita memiliki energi positif. Saat kita merasa tidak memiliki energi atau tekat untuk menyelesaikan sesuatu coba cek apakah posisi anda sedang membungkuk. Bila ya berusahalah untuk tegak.
3. Menyimpan / mengingat  makanan yang kita konsumsi
Beberapa penelitian menemukan bahwa siapa yang menyimpan atau mengingat makananan yang di konsumsi akan meningkatkan tekat atau keinginan. Menyimpan catatan makanan ini tidak semua makanan di catat atau diingat tetapi makanan-makanan khusus yang secara mitos atau secara medis anda percayai memiliki zat gizi untuk menambah energi anda.
4. Gunakan tangan yang berbeda untuk melakukan sesuatu
Misalnya memotong atau menulis gunakan tangan yang berbeda dari kebiasaan anda. Untuk melakukan ini tidak boleh melebihi satu jam. Bila anda melakukannya lebih dari satu jam tekat anda akan lelah sebagaimana bila anda melakukan latihan yang berlebihan untuk otot.
5. Perbaiki Ucapan
Menahan dorongan untuk menggunakan kata-kata umpatan dapat meningkatkan tekat atau keinginan. Untuk memperbaiki ucapan ini cobalah ubah kata yang akan anda ubah. sebagai contoh ucapkanlah assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatu dari pada kata asalamualaikum. atau ubahlah kata pagiii dengan selamat pagi.
6. Buat dan temukan deadline anda sendiri
Saat kita di sekolah atau ditempat kerja yang harus diselesaikan segera maka kita biasanya memiliki energi lebih dan mampu mengerjakan tugas tersebut. Berlatihlah untuk membuat tugas-tugas yang anda tentukan deadlinenya sendiri. Contoh push up harus kuat 25 kali, mampu menghafal 4 kata bahasa asing dan lain-lain.
7. Lacak pengeluaran anda
Melacak pengeluaran kita bisa meningkatkan tekat (willpowered). Cobalah untuk mengingat kemana saja uang kita belanjakan hari ini. Buat catatannya
8. Kepalkan tangan
Kepalkan tangan dengan keras dan lama sehingga anda merasakan lelah. Bisa juga menggunakan alat untuk melatih kepalan tangan. Latihan dengan tekun akan meningkatkan willpowered anda.
9. Menahan keinginan
Berlatih untuk melakukan keinginan yang menarik tetapi sesungguhnya tidak penting. Buatlah kesepakatan untuk tidak melakukan hal yang anda sukai bila itu tidak berguna untuk waktu yang anda tentukan sendiri. ini akan melatih tekat kita fokus dalam mengerjakan sesuatu.
10.Menyadari keputusan otomatis yang kita buat
sadarilah mengapa kita memutuskan sesuatu secara otomatis setiap harinya. ini akan melatih fokus dan bisa menolak godaan.

0 komentar: