Membaca ePub melalui browser mozilla

Membaca ePub biasanya dilakukan melalui device mobile seperti handphone atau kindle. ePub sendiri adalah buku elektronik yang mampu menyesuaikan ukuran dengan perangkat yang digunakan.  ePub merupakan kependekan dari Elektronic Publication.

Kemampuan menyesuaikan dengan ukuran perangkat ini karena, susunan dari ePub terdiri atas xml yang terhubung dengan css dan gambar. Kemampuan ini belum dimiliki format file seperti pdf.

Seperti halnya buku ePub juga di perjual belikan seperti pada amazon, ebay dan banyak situs yang lain. Bila anda menggunakan browser mozilla maka kita menginstal extensi atau plugin mozilla yang bernama ePub Reader.

Untuk menginstalnya tinggal tekan keyboard Ctrl+Shif+A atau bisa melalui menu tools add-ons. Ketikan Epub reader maka akan ada beberapa pilihan. Saya menggunakan Epub reader seperti berikut



Setelah diinstal restar mozilla firefox anda dan akan tampak di sebelah kanan atas lambang dari e-pub reader sebagai berikut.



Untuk membuka file anda klik pada file open dan carilah file e-pub anda maka akan terbuka file e-pub sebagaimana anda membuka halaman web




di lain waktu anda tinggal klik pada short cut, yang ada di sebelah kanan atas browser mozilla maka daftar bacaan yang anda telah baca atau buka maka akan tampak daftarnya seperti berikut






nach itulah cara membaca ePub melalui browser mozilla. Saya ada beberapa file e-pub yang saya dapat dari internet bila anda tertarik untuk mencobanya silahkan kasih komment.


0 komentar: