Magnet Ferrite dan Magnet Neodymium

Magnet, digunakan dalam berbagai keperluan manusia seperti untuk generator pembangkit listrik, untuk kerajinan, untuk motor dinamo, speaker, mengurangi arus eddy pada barang elektronik, mencegah noise akibat frekuensi listrik, untuk mainan anak-anak bahkan ada yang digunakan untuk menghemat bbm.

Magnet bisa diciptakan dengan jalan induksi atau menggosok-gosokkan dengan arah yang sama. Magnet juga bisa diciptakan melalui kumparan yang dialiri listrik.

Ada beberapa jenis magnet yaknik magnet ferrite dan magnet Neodymium. Magnet Ferrite adalah magnet yang paling banyak digunakan untuk keperluan industri karena bahan yang digunakan berasal dari bahan yang banyak dan murah sehingga produksi magnet ini sangat melimpah.

Magnet ferrite memiliki ketahanan dari korosi dan dapat menahan panas sedang. Magnet Neodmium adalah magnet langka, yang memiliki kekuatan lebih besar dibandingkan dengan magnet ferrite. tidak seperti mangnet ferrite magnet Neodymium tidak tahan terhap korosi. Kekuatan Medan magnet neodymium lebih kuat, resistensi terhadap kehilangan daya magnet, kepadatan energi magnetik, tahan terhadap suhu yang tinggi. Untuk mengatasi korosi pada magnet Neodymium maka magnet ini dicoating.

magnet ferrit

Magnet Neodymium

Bila anda mencari di youtube akan banyak sekali anda temukan cara-cara penggunaan magnet untuk keperluan energi. sebagaimana kita ketahui bahwa generator listrik bisa menciptakan listrik dengan memanfaatkan tenaga potensial seperti gravitasi, angin, panas, uap dan lain sebagainya.

Ada berbagai ide yang menarik untuk dicoba untuk meningkatkan atau menciptakan energi dalam skala rumahan. setidaknya bisa menghemat kebutuhan listrik kita sehari-hari.

0 komentar: