Belajar Excel - Mencetak Halaman Excel

Microsft Excel memilih lembar yang sangat luas sehingga seringkali pengguna jadi kesulitan untuk mencetak dokumen excel.

Untuk mencetak dokumen excel kita bisa blok bagian yang akan kita cetak, kemudian klik file print atau ctrl + p. Kemudian pilih pada bagian print what pada pilihan selection, seperti pada gambar berikut.

Untuk name dari printer, tentu saja anda harus mengikuti dengan printer yang telah terinstal dan terhubung dengan komputer anda.

Number of copies adalah jumlah cetakan yang anda butuhkan.






Setelah di pilih selection selanjutnya klik pada tombol preview untuk memastikan apakah letak dokumen pada kertas sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Jangan tekan tombol print terlebih dahulu, kita harus pastikan kita mencetak pada ukuran kertas apa apakah a4, letter (quarto), f4 (folio) atau ukuran kertas yang lain.
Untuk itu klik pada Page setup.


di page setup ini kita bisa atur ukuran kertas sesuai dengan ukuran kertas yang ada di printer kita.















selanjutnya pada tab page , seperti pada gambar berikut kita bisa atur orintesi dokumen yang akan kita cetak.
potrait berarti tegak dan landscape berarati mendatar atau memanjang kesamping.
Adjust to digunakan bila ternyata dokumen kita teralalu besar dibandingkan ukuran kertas yang ada di printer, anda bisa berkesperimen dengan angka 80, 75, atau yang lainnya. semakin kecil nilainya berarti semakin kecil hasil cetaknya.























Kita kembali ke bahasan awal , bagaimana menentukan lebar dan panjang kertas kita. Untuk itu klik pada tombol option. sehingga muncul dialog seperti berikut



ada banyak sekali ukuran seperti yang anda lihat pada gambar, bagaimana bila ukuran tidak sesuai dengan kertas kita yang ada printer. Contoh kertas f4 seringkali tidak ada pada ukuran yang di sediakan printer. Ukuran dari f4 lebar 21 dan lebar 33.
Untuk kasus seperti kertas f4 kita bisa pilih custom dan ubah pengaturan seperti nampak pada gambar berikut.
Jangan lupa untuk mengubah units menjadi mm.












Klik Ok , kemudian Ok lagi. Cek apakah sudah cocok seperti nampak pada preview. bila masih kurang pas. Klik kembali pada page setup kemudian coba ubah ukuran dari adjust to yang semulai kita isi dengan 80, tinggal anda kurangi atau tambah nilai tersebut.

Demikian, seri Belajar Excel untuk mencetak dokumen pada halaman excel ini semoga bermanfaat.

0 komentar: