Tips lolos masuk lowongan pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah atau lulus studi misalkan dari SMK atau SMA merupakaan impian banyak orang. Saat ini lulus saja dengan nilai tinggi, dan gelar yang bagus dari universitas atau sekolah ternama tidak bisa menjamin kita bisa mendapatkan pekerjaan yang enak dan gaji tinggi.

Berikut ini cara mengisi lowongan pekerjaan yang rasanya efektif untuk menggapai apa yang kita inginkan.


1. Jangan Berharap mendapatkan pekerjaan instant

Karena merasa pandai, merasa lulus dari sekolah ternama kemudian kita pasang harga tinggi. Kita hanya mau bekerja pada tempat yang mau memberi kita gaji yang tinggi. Bisa saja sih kalau kita beruntung atau punya koneksi tapi bila tidak jangan mimpi. mulailah dari pekerjaan/perusahaan yang mau menerima kita, tetapi jangan asal terima pekerjaan tetapi sebisa mungkin cari pekerjaan / perusahaan yang ada kesempatan untuk mengembangkan diri. Contoh bila kita jurusan IT tidak masalah kita jadi tukang bersih-bersih di perusahaan IT di tahap awal baru kemudian setelah masuk kita tunjukin kemampuan IT kita dengan cara bergaul dengan orang-orang yang ada di situ. Dengan cara ini berarti kita telah membuat koneksi. cara ini jauh lebih mudah daripada kita harus menjadi manajer IT di suatu perusahaan.

2. Kembangkanlah kemampuan lain
Bila kita jurusan manajemen atau akuntasi kita bisa kembangin dengan kemampuan lain misalnya IT , memang saat ini kemampuan IT seperti membuat website, membuat program, setting jaringan, desain  menjadi kebutuhan hampir setiap perusahaan. Bagaimana kalau dasarna IT, mungkin coba kemampuan komunikasi , atau menjual sesuatu.

4. Benahi penampilan
Boleh saja kita yakin atau percaya bila kita rajin, jujur, semangat dalam bekerja maka siapapun tidak bisa menolak kita. apalagi di tambah otak yang encer. Tapi seseorang atau perusahaan tidak bisa mungkin langsung paham dengan apa yang kita punyai. Untuk itu kita harus menampilkan fisik yang bagus terlebih dahulu, setidaknya itulah yang dilihat pertama kali dan akan membuat mereka yakin kalau kita orang yang rajin, dan rapih karena sangat memperhatikan penampilan.

5. Mulailah membaca
Bila anda orang yang cerdas, itu suatu keberuntungan bagi anda, tapi bila tidak membaca adalah solusi terbaik untuk mengembangkan wawasan, mengembangkan kemampuan. Dengan wawasan yang luas maka kita bisa lebih bermanfaat. Dengan kemampuan lebih dan pengetahuan lebih pastinya akan banyak yang bisa kita kerjakan, atau setidaknya kalau kita di ajak bicara atau diskusi bisa nyambung.

6. Memiliki Kemampuan bahasa asing
Bahasa asing baik bahasa inggris, china atau bahasa asing lain memberikan nilai plus. Kemampuan berbahasa asing pastinya menjadi nilai plus dari kemampuan lain yang telah kita miliki. siapa tahu perusahaan tempat kita bekerja akan berhubungan dengan orang asing. Bahasa Asing bisa menjadi nilai plus orang pada bidang apapun.
7. Percaya diri tetapi tidak sombong
Percaya diri harus, karena dengan percaya diri orang menjadi dengan kemampuan kita. Percaya diri bisa timbul karena kita ahli pada suatu bidang, atau setidaknya anda harus bilang bisa ketika anda sudah pernah melakukan sesuatu walaupun hasilnya belum maksimal. Setidaknya kita bisa bilang saya sudah pernah melakukan pekerjaan itu pak. ini merupakan suatu nilai plus

Ok semoga itu membantu kita untuk mengisi lowongan pekerjaan yang kita inginkan.

good luck

0 komentar: