Membuat Web

Sebelum kita membuat web ada baiknya kita tahu dahulu apa pengertian dari web, web adalah aplikasi yang bisa berjalan di browser semacam internet explorer, mozilla, chrome dan lain-lain. Biasanya web menyediakan informasi namun sekarang aplikasi web jadi sangat beragam ada yang menyediakan aplikasi untuk membuat apl android, untuk menyimpan file, dan masih banyak web dengan banyak tujuan sebagaimana tujuan pengembangnya.

Nach, berarti kita harus nentuin tujuan dari Membuat Web itu sendiri sebelum kita membuatnya. Komponen apa saja yang harus di pelajari untuk membuat website. Pastinya pengetahuan tentang HTML, CSS, javascript di perlukan juga bahasa pemrograman web bisa di pilih salah satu misalnya php, asp, jsp dan lain-lain. Setelah dua komponen di atas kita juga memerlukan database database ini kita juga bisa memilih salah satu. Anda bisa gunakan mysql, oracle, postgressql dan masih banyak yang lain lagi.

setelah html,css,javascript pasti tetap akan kita pelajari, namun kita harus memilih salah satu bahasa pemgrograman web untuk membuat web. Saya pilih php saja karena php banyak di pakai oleh para pengembang web, gratis, dan yang terpenting saya sudah biasa pakai bahasa pemrograman php he he he.

Untuk bisa membuat web kita buat mudah aja yach. bila anda menggunakan sistem operasi windows install xampp atau bila menggunakan linux install saja lampp. di windows di letakkan di c:\xampp\htdoc bila di linux akan berbeda-beda.
saya menggunakan lubuntu, saat instalasi lubuntu sudah terinstal apache, php, dan mysql jadi saya tidak perlu menginstall lampp lagi.

saya meletakkan di folder /var/www/folderproject. dalam pembahasan kali ini saya anggap anda sudah kenal baik dengan html. di linux ada banyak sekali editor koding website. anda bisa gunakan bluefish, vim, dan lain-lain. di windows bisa pakai notepad++ atau dreamweaver dan masih banyak lagi.

bila belum pernah menginstall bluefish silahkan baca cara installnya. saya gunakan editor vim saja yach karena ringan, jadi ketikkan di terminal sudo vim

0 komentar: